Toha Nasr

Editor | Penulis | Buku | Kopi

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.
Pramoedya Ananta Toer

Inilah Manfaat Menulis yang Dahsyat Bagi Seorang Guru


Membaca dan menulis dalam setting mengikat makna seperti yang dituturkan oleh Hernowo dalam banyak bukunya sebaiknya dilakukan setiap saat, kapan saja, dimana pun dan oleh siapa saja yang berminat memberdayakan dirinya. termasuk para guru.

Omjay pun dalam artikelnya Cara Gampang Menulis Buku menyarankan hal serupa :
"Anda harus konsisten dan memiliki komitmen tinggi untuk melakukan kegiatan tulis menulis. Bila anda tak menulis hari ini, maka keesokan harinya anda harus menulis double untuk menebus kealpaan anda dalam menulis. Anda harus menghukum diri anda sendiri bila hari ini tidak menulis."
Lantas kenapa kegiatan ini harus dilakukan setiap hari? itu tak lain karena kegiatan menulis adalah habit yang harus dicicil agar tak menjadi beban.

Sesungguhnya proses penyandingan membaca dan menulis  amat penting dilakukan untuk melatih kita melakukan pengikatan makna. dengan kegiatan ini maka kita akan peroleh keuntungan ganda, pertama pemahaman kita tentang bacaan dapat menjadi lebih mendalam, kedua pengikatan makna juga berfungsi menarik pengetahuan kita kedalam tulisan yang baru saja kita baca.

Baca-tulis jika terus disandingkan tentu saja akan mempunyai efek yang luar biasa terutama bagi kita para guru. namun kita mesti terbiasa memahami kata 'membaca' dalam artian luasnya bukan hanya sekedar ejaan perkata namun  lebih dari itu, membaca dapat dilakukan pada hal yang lebih besar seperti fenomena alam, pada tontonan di televisi, pada siaran berita, dan pada rupa-rupa kegiatan yang kita lakukan.

Tuliskan saja, bebaskan diri kita ketika menulis, tanggalkan aturan-aturan, biarkan otak kanan memegang kendali, biarkan tulisan mengalir lancar tanpa interupsi. Sungguh, jika sudah dilakukan secara rutin kegiatan baca-tulis ini akan menjadi terapi hebat bagi kita.

Selama ini, kegiatan baca-tulis kita hanya sebatas pada aspek penulisan huruf semata.padahal seharusnya pelajaran bahasa harus melatih kita cara berbicara dengan fasih, membaca buku dengan efektif, lantas menulis dalam menyampaikan sebuah pendapat dengan jernih, serta yang tak boleh dilupakan adalah keterampilan mendengarkan.


Artikel ini pernah terbit di portal guraru.org 9 Agustus 2012
Labels: Opini, Pendidikan

Thanks for reading Inilah Manfaat Menulis yang Dahsyat Bagi Seorang Guru. Please share...!

0 Comment for "Inilah Manfaat Menulis yang Dahsyat Bagi Seorang Guru"

Back To Top