Dasanya saya memang suka menonton film animasi, sehingga saya tahu betul cerita tentang makhluk kuning dengan suara tawa menyebalkan ini. Siswa pun rasanya tak ada yang tidak tahu siapa itu Spongebob, Film serial animasi Spongebob Squarepant ini amat digandrungi. Film animasi ini diciptakan oleh Stephen Hillenburg (animator
sekaligus ahli biologi laut), film ini menginspirasi saya untuk
mencipatakan pembelajaran IPA yang berbeda.
Saya merasa perlu
menciptakan pembelajaran yang berbeda pada materi Klasifikasi Hewan.
Materi yang bersifat abstrak seperti ini biasanya amat sulit dipahami
oleh siswa. Bersifat abstrak karena siswa jarang menemukan dan melihat
secara langsung hewan yang dijadikan contoh dalam materi klasifikasi.
Pemilihan Spongebob dan kawan-kawannya di Bikini Bottom, sebenarnya
adalah upaya saya untuk lebih mendekatkan materi ini dengan keseharian
siswa, terlebih hampir tak ada siswa saya yang tak menonton film ini.
Film Spongebob Squarepants sendiri menceritakan tentang kehidupan makhluk laut dengan tokoh utama Spongebob.
Makhluk kotak bewarna kuning ini terkesan konyol, lucu memiliki sifat
ceria, optimis dan selalu berprasangka baik kepada teman-temannya. Kalau
kita mencermati tokoh-tokoh dalam film ini sebagian besar adalah contoh
dari spesies invertebrata. Bahkan Spongebob yang menjadi tokoh utama dalam film ini merupakan contoh spesies dari Filum Porifera. Selain itu terdapat Mr. Crabs, Pattrick, Squidword dan Jelly Fish yang merupakan contoh spesies invertebrata filum Arthropoda, Echinodermata, Mollusca dan Cnidaria.
Meskipun tak mencakup semua makhluk hidup yang ada, namun beberapa tokoh dalam film itu cukuplah mewakili. Saya
kemudian mulai merancang pembelajaran, menyusun LKS dan skenario
pembelajaran. Saya membagi siswa kedalam 8 kelompok (masing-masing 5
orang), kemudian saya membagi LKS yang berisi gambar tokoh
spongebob beserta gambar asli mereka di alam, serta informasi singkat
yang penting untuk mereka ketahui. tugas mereka adalah memasangkan
ketiga bagian gambar tersebut, satu nomor harus berisi 1) gambar tokoh
animasi, 2) bentuk nyata mereka di alam dan 3) informasi singkat tentang
mereka.
Saya senang melihat
siswa begitu antusias, mereka mencocok-kan satu-persatu gambar dan
informasi yang telah disediakan, maka hampir tak ada siswa yang pasif
menunggu temannya bekerja, semua anggota kelompok terlibat aktif.
“Pearl itu bukan ikan, tapi mamalia!” kata seorang siswa
“Mana mungkin, hewan mamalia nya hanya sandy” jawab salah seorang siswa di kelompoknya
Saya tersenyum, lalu memberi mereka sebuah petunjuk, sisanya saya biarkan mereka mencari sendiri jawabannya.
“Ooo sekarang aku baru tahu kenapa plankton sangat takut pada pearl” kata seorang siswa di sudut kelas.
“Ternyata si Kevin itu seekor timun laut, memang ada ya hewan jenis itu?”
“Spongebob aslinya mirip tumbuhan ya? Kirain cuma spons pencuci piring, hahaha”
Saya cukup puas, ternyata siswa saya dapat
belajar IPA dari film animasi favorit mereka, dan tentu saja
menyenangkan mereka yang akhirnya tahu, jika Spongebob (Porifera), Patrick(Echinodermata), Squidward (Molusca), Mr. Krab (Arthropoda) dan Gerry (Molusca) termasuk kedalam kelompok hewan invertebrata (tak bertulang belakang), sedangkan Don (Pisces), Mrs Puff (Pisces), Pearl (Mammalia), Sandy (Mammalia) tergabung kedalam kelompok vertebrata (hewan bertulang belakang).
Labels:
Opini,
Pendidikan
Thanks for reading Begini Cara Memanfaatkan Film dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Please share...!
0 Comment for "Begini Cara Memanfaatkan Film dalam Proses Pembelajaran di Kelas"